FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS) PADA PENJAHIT DI KECAMATAN KADIA KOTA KENDARI TAHUN 2021

Sofwah Anrizqa Aisyah Akbar, Yasnani Yasnani, Renni Meliahsari

Abstract


Abstrak

 

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan salah satu penyakit akibat kerja. CTS adalah penyakit yang disebabkan terjepitnya saraf medianus pada ekstremitas atas tepatnya pergelangan tangan yang melalui terowongan karpal.  Gejala paling umum dari CTS adalah mati rasa, nyeri, dan/atau parestesia pada ibu jari, telunjuk, tengah, dan setengah radial jari manis yang paling parah pada malam hari. Salah satu pekerjaan yang berisiko tinggi mengalami CTS adalah penjahit dikarenakan jam kerja yang lama dan memerlukan gerakan tangan yang berulang dalam pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan masa kerja, lama kerja, gerakan berulang dan riwayat penyakit dengan keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada penjahit di Kecamatan Kadia Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan Total Sampling. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu keluhan CTS dan variabel bebasnya yaitu masa kerja, lama kerja, gerakan berulang, dan riwayat penyakit. Analisis data menggunakan chi-square. Sampel dalam penelitian ini adalah penjahit industri yang berada di Kecamatan Kadia Kota Kendari yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi untuk melihat gerakan berulang yang dilakukan serta phalen’s test untuk mengetahui adanya keluhan CTS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan Carpal Tunnel Syndrome (p=0,000), ada hubungan antara lama kerja dengan keluhan Carpal Tunnel Syndrome (p=0,011), ada hubungan antara gerakan berulang dengan keluhan Carpal Tunnel Syndrome (p=0,021), dan tidak ada hubungan antara riwayat penyakit dengan keluhan Carpal Tunnel Syndrome (p=0,300).

 

Kata kunci: carpal tunnel syndrome, gerakan berulang, lama kerja, masa kerja, riwayat penyakit

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Lalupanda EY, Rante SDT, Dedy MAE. Hubungan Masa Kerja dengan Kejadian Carpal Tunnel Syndrome Pada Penjahit Sektor Informal di Kelurahan Solor Kota Kupang. Cendana Med J. 2019;2(3):54–65.

Prof. Dr. dr. Anies. Kedokteran Okupasi: Berbagai Penyakit Akibat Kerja Dan Upaya Penanggulangan Dari Aspek Kedokteran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2014.

Kaligis RS, Kawatu PA., Langi FLFG. Gambaran Keluhan (Carpal Tunnel Syndrome) Pada Karyawan Urusan Pelayanan Medis Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado. J Kesmas. 2020;9(7):157–67.

Sevy JO, Varacallo M. Carpal Tunnel Syndrome. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021.

Wright AR, Atkinson RE. Carpal Tunnel Syndrome: An Update for the Primary Care Physician. Hawai’i J Heal Soc Welf. 2019;78(11):6–10.

Farhan FS, Kamrasyid AA. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Timbulnya Carpal Tunnel Syndrome pada Pengendara Ojek. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2018;4(2):123.

Setyawan H. Risk factors of carpal tunnel syndrome among food-packing workers in Karanganyar. Kesmas. 2017;11(3):123–6.

Dinkes. Prov Sultra. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020. 2020.

Sitompul YRB. Resiko Jenis Pekerjaan Dengan Kejadian Carpal Tunnel Syndrome (CTS). J Ilm WIDYA. 2019;5(3):1–7.

Noprianti DS, Fauzan A, Ernadi E. Hubungan Antara Usia, Masa Kerja, Frekuensi Gerakan Berulang Dengan Kejadian Carpal Tunnel Syndrome Pada Penjahit Busana Mawar Banjarmasin Tahun 2020. 2020;

Juliantika. Hubungan Masa Kerja Dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome Pada Penjahit Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Vol. 110265. Universitas Muhammadiyah Malang; 2017.

D. D H. Hubungan Antara Lama Kerja Dengan Kelelahan Pada Pekerja Konstruksi Di PT. Nusa Raya Cipta Semarang. 2015.

Chairunnisa S, Novianus C, Hidayati. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Gejala Carpal Tunnel Syndrome Pada Komunitas Ojek Online Di Kota Tangerang Selatan Tahun 2021. J Fisioter dan Kesehat Indones. 2021;1(2):1–13.

Muthoharoh, Basri K S, Nuraeni T. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Karyawan SPBE Di Indramayu. J Kesehat Masy. 2018;3(2):37–44.

Nandini RF. Hubungan antara Gerakan Repetitif dan Postur Pergelangan Tangan dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Karyawan Packing PT. Tunas Baru Lampung Cabang Palembang. Universitas Sriwijaya; 2020.

Asfian P, Akifah, Jayandi M. Faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan carpal tunnel syndrome (cts) pada petugas operator pengisi bbm di spbu kota kendari 1. J Kesehat Masy. 2021;9(September):669–74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.