PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV SDN 1 LANOSANGIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan, siswa kelas IV SDN 1 Lanosangia Kabupaten Buton Utara melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif. Hasil yang diperoleh adalah keterampilan menulis karangan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 70 %, pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 82 %. Aktivitas mengajar guru siklus I mencapai 69 %, siklus II mencapai 92 % sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 66%, siklus II mencapai 91%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Keterampilan Menulis KaranganFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPSD)
Penerbit
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Gedung Jurusan PGSD, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132