PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN 07 KABANGKA

Nelfi Fitriani, Muhamad Abas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV SDN 07 Kabangka Kab. Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 07 Kabangka Kab. Muna dengan jumlah siswa 9. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 13 April 2016 s/d 4 Mei 2016. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IV SDN Satu 07 Kabangka Kab. Muna. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh yang berkaitan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55,56% atau sebanyak 5 orang dari 9 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 88,89%  atau sebanyak 8 orang dari 9 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 83,33.

 

Kata kunci: meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.