PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KONAWE

Munipati Munipati, Lisnawati Rusmin

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa siklus I siswa yang tuntas berjumlah 7 siswa atau sebesar 70% dengan nilai rata-rata 68,5 sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa atau sebesar 90% dengan nilai rata-rata 77,5. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 58,3% dan pertemuan kedua sebesar 66,7% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 83,3% dan pertemuan kedua sebesar 91,7%. Aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 58,3% dan pertemuan kedua sebesar 667,% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 91,7% dan pertemuan kedua sebesar 91,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas IV SDN 2 Konawe Kabupaten Konawe.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Interaktif,  Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.