MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 AMBEUA MELALUI METODE ROLE PLAYING

Muhamad Agus Basri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk Meninggkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri 4 Ambeua, 2. Untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru materi drama menerapkan metode pembelajaran role playing pada siswa kelas V SD Negeri 4 Ambeua Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi, 3. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa materi drama setelah menerapkan metode pembelajaran role playing pada siswa kelas V SD Negeri 4 Ambeua Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data memakai lembar observasi dan evaluasi. Indikator pencapaian, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai diatas  rata-rata 70. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa  sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 76. Aktivitas mengajar guru siklus I 69,44 % dan aktivitas belajar siswa  siklus I sebesar 66,67% . Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 95,24% dengan nilai rata-rata 86. aktivitas mengajar guru siklus II adalah 94,44% dan aktivitas belajar siswa siklus II 83,33% .

Kata Kunci: Metode Role Playing, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.