PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI BERORGANISASI DI KELAS V SD NEGRI 09 KENDARI BARAT

Muhammad Fidarto

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan.  Rencana tindakan dalam penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelittian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar  siswa yang tuntas mencapai 17 siswa atau sebesar 56,67% dan siswa yang tidak tuntas mencapai 13 siswa atau sebesar 43,33% dengan nilai rata-rata 63,66 sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 22 siswa atau sebesar 73,33% dan siswa yang tidak tuntas mencapai 8 siswa atau sebesar 26,67% dengan nilai rata-rata 72,833. Aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama mencapai 70% dan pertemuan kedua mencapai 80% sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 60% dan pertemuan kedua mencapai 80% sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi berorganisasi di kelas V SDN Negeri 09 Kendari Barat.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Student Teams Achievement Division, Meningkatkan Hasil Belajar Pkn.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.