PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 12 POASIA

Muh. Syukri Sarfat, La Ode Safiun Arihi

Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi system pemerintahan desa dan kecamatan kelas IV SDN 12 Poasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 12 Poasia dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,93%.  dengan persentase ketuntasan 66,66%, siklus 2 sebesar 87,87% dengan persentase ketuntasan 75,15%. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 61,11%, sedangkan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 94,66%, dan aktivitas belajar siswa memperoleh rata-rata persentase pada siklus I yaitu 50%, kemudian rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada setiap siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan di kelas IV SDN 12 Poasia Kota Kendari.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.