MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL KELAS V SDN 2 LAINEA

Vivin Alfianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn, aktivitas guru dan aktivitas siswa pada materi Kebebasan Berorganisasi melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelasĀ  dengan subyek penelitian siswa kelas VSDN 2 Lainea. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 27 orang siswa hanya 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 74,07% dengan rata-rata 76,78 dengan persentase keterlaksanaan pada siklus I dari 44,44% menjadi 55,55% yang mencapai KKM kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 27 orang siswa 25 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 92,59% dengan rata-rata 81,97 dengan persentase keterlaksanaan pada siklus II dari 72,22% menjadi 94,44% telah mencapai standar KKM.. Proses aktivitas guru diperoleh persentase keterlaksanaan pada siklus I dari 66,66% menjadi 77,77%, Sedangkan persentase keterlaksanaan pada siklus II dari 83,33% menjadi 94,44%.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran PBL, Kebebasan Berorganisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.