MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 POASIA KOTA KENDARI

Umar Umar, Lisnawati Rusmin

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan aktivitas mengajar PKn siswa pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 bertempat di kelas IV SDN 8 Poasia Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelittian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar  siswa yang tuntas mencapai 16 siswa atau sebesar 76,19% dan siswa yang tidak tuntas mencapai 5 siswa atau sebesar 23,81% dengan nilai rata-rata 68,62 sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 19 siswa atau sebesar 90,48% dan siswa yang tidak tuntas mencapai 2 siswa atau sebesar 9,52% dengan nilai rata-rata 76,9. Aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama mencapai 70% dan pertemuan kedua mencapai 80% sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 60% dan pertemuan kedua mencapai 80% sedangkan pada siklus II mencapai 90%.

Kata kunci: Model pembelajaran, koperatif, STAD, student teams achievement  division, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.