MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ENERGI DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS III SDN 1 MOSIKU

Semramma Patollong, Dorce Banne Pabunga

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas III SDN 1 Mosiku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi dan evaluasi tes siklus. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru siklus I mencapai 85%, aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 75% dan hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan sebesar 60,7% dengan nilai rata-rata mencapai 67,5. Aktivitas mengajar guru siklus II mencapai 90%. Aktivitas belajar siswa siklus II mencapai 85%. Hasil belajar siswa siklus II mencapai ketuntasan 89,3% dengan nilai rata-rata 76,8. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan di kelas III SDN 1 Mosiku Kabupaten Kolaka Utara.

Kata kunci: Model pembelajaran, Student Teams Achievement Division, hasil belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.