PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS IVa SDN 12 POASIA KOTA KENDARI

Sartono Sartono, Muhammad Yasin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri melalui penerapan metode pemecahan masalah di SDN 12 Poasia Kota Kendari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus tiap siklus 2 kali pertemuan. Setelah evaluasi dilakukan dengan menggunakan tes sebagai alat ukur pada siklus I ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 70 dengan peserta tes yang lulus adalah 14 dari 24 siswa dengan presentase 58%. Aktivitas belajar siswa dan mengajar guru juga mengalami peningkatan. Ketuntasan disini adalah dengan menerapkan metode pemecaha masalah. Setelah menindaklanjuti kesalahan pada siklus I maka pada siklus II niai rata-rata siswa meningkat dari 70 menjadi 80. Dari 24 peserta tes sebanyak 21 siswa yang lulus dengan presentase 88%. Baik dari segi hasil kerja siswa, dari segi ativitas belajar siswa dan mengajar mengajar juga menunjukan hasil yang positif. Dengan demikian penerapan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disampaikan kepada peneliti yang ingin meningkatan hasil belajar siswa atau kemampuan siswa menggunakan metode pemecahan masalah karena sudah terbukti efektif.

Kata kunci: Hasil Belajar, Geometri (Bangun Ruang), Metode Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.