PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 39 BUTON

Hariawan Hariawan, Muhamad Abas

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran picture and picture Kelas V SDN 39 Buton pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 39 Buton, dengan jumlah siswa 22 orang. Yakni untuk jumlah siswa laki-laki sebanyak 9 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 13 orang.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan data kuantitatif melalui tes evaluasi yang diadakan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh, pada siklus I terdapat 8 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 36,36% dan terdapat 14 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 63,63% dengan nilai rata-rata sebesar 66,36. Sedangkan pada siklus II terdapat 17 orang siswa yang tuntas atau telah mencapai nilai KKM 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,27% dan terdapat 5 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 22,72%, dengan nilai rata-rata sebesar 81,13.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 di kelas V SDN 39 Buton.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture And Picture; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abas, M., Solihatin, E., & Nadiroh. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Internasional Pengajaran, 12,(4) Hal.705.DOI/ https://eric.ed.gov/

Arifah, F. N. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araksa.

Fansury, A. H., & Januarty, R. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Media Games Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Siswa Kelas Vii Smpn 35 Makassar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 4, (1) Hal.75. DOI/https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/57640564/JKIP_VOL_1_2017

Fauziah, T., & Bermawi, Y. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Materi Peninggalan Sejarah Di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2, (3) Hal. 82. DOI/ http://jurnal.unsyiah.ac.id/

Hasyda, S., & Djenawa, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Bermedia Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (3) Hal.700. DOI: 10.31004/basicedu.v4i3.414

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan : Media Persada.

Kurniasih, & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatkan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena

Putri, A., & Taufina. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,4(3) Hal . 645.DOI: 10.31004/basicedu.v4i3.415

Siti. Mayasari. & Lazim. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 37 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) , 3 (2) Hal. 314. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i2.665

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & H. M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4 (2) Hal. 229.DOI/ https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/

Wiyati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7, (1) Hal. 90.DOI/https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Penerbit

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo
Alamat: Gedung Jurusan PGSD, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132