PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT-SIFAT SIMETRI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 1 LABULANDA

Daada Daada, Muhammad Yasin, Yoo Eka Yana Kansil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat simetri bangun datar melalui penerapan model PAIKEM di kelas V SD Negeri 1 Labulanda Kabupaten Buton Utara. Prosedur penelitian yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan evaluasi serta 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung dan mendeskripsikan nilai siswa, rata-rata nilai siswa, ketuntasan belajar, keberhasilan aktivitas mengajar guru dan keberhasilan aktvitas belajar siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil tes belajar siswa siklus I ketuntasan belajar mencapai 64% dengan rata-rata kelas 74 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 92% dengan rata-rata kelas 77,4. Artinya peningkatan prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 28%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 59,7% dan 65,3% pada pertemuan kedua, aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama sebesar 63,9% dan kedua sebesar 84,7%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 91,7% dan aktivitas guru sebesar 94,4%. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat-sifat simetri bangun datar di kelas V SDN 1 Labulanda. 

Kata kunci: Model pembelajaran, PAIKEM, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ambo, W. A. W., & Yasin, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Penerapan Metode Discovery Learning Di Kelas Iii Sd Negeri 2 Barangka. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPSD), 1(1).

Asfiani. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Melalui Pendekatan PAIKEM di Kelas IV SD Negeri 2 Tuangila. Skripsi. Kendari: FKIP Unhalu.

Jihad A. dan Haris A., 2010. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniasih dan Sani, 2013. Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Untuk pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Katapena

Nurhayati. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Model PAIKEM di Kelas I SDN 16 Kendari Barat. Skripsi. Kendari: FKIP. Unhalu.

Sanjaya W. 2005. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suparno, Paul. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo.

Syah M. 2010. Pisikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Ros Dakarya.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kharisma Putra Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.