MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN 1 LANGORI

Irawati Irawati, Ahid Hidayat, La Rabani La Rabani, Mansyur Mansyur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN 1 Langori Kabupaten Kolaka melalui penerapan pembelajaran kontekstual. Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Deskripsi kualitatif digunakan untuk menganalisis aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran membaca puisi dengan pendekatan kontekstual. Deskripsi kuantitatif digunakan untuk menganalisis data peningkatan kemampuan membaca puisi siswa setelah pembelajaran dilaksanakan dalam setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dari kemampuan membaca puisi mengalami peningkatan yakni pada tindakan siklus I nilai ketuntasan secara klasikal adalah 45% dan nilai rata-rata siswa mencapai 65,05. Pada siklus II hasil belajar siswa untuk kemampuan membaca puisi mengalami peningkatan yakni nilai ketuntasan secara klasikal adalah 85% yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70, dan nilai rata-rata siswa mencapai 77,85. Pada siklus I pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 47,05%, dan pada pertemuan kedua mencapai 58,82%. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru meningkat menjadi 64,70%, dan pada pertemuan kedua mencapai 94,11%. Dan aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 45,45% dan pertemuan kedua 54,54%. Pada siklus II pertemuan pertama mencapai 72,72% dan meningkat pada pertemuan kedua mencapai 90,90 %.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Kontekstual, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Budianta, Melani. 2002. Membaca Sastra. Depok Indonesia.

Muhtar, Roni. 2002. Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Kolaka: FKIP Unhalu.

Suryawati, Evi & Osman, Kamisah 2017. Contextual Learning: Innovative Approach towards the Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329

Tarigan, HG. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Konsep, Landasan Teoretis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Varita, Detty. 2010. Improving Reading Comprehension Through Literature Circles. Syiah Kuala University, Banda Aceh. www.jurnal.unsyiah.ac.id › article › download.

Widiaryani, Bening. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SD Negeri 13 Mandonga Kabupaten Kolaka Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi Universitas Haluoleo.

Widya, Leni. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 11Kolaka Barat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual”. Skripsi Universitas Haluoleo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.