PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD NEGERI 2 LALOEHA KABUPATEN KOLAKA

Nurwahida Nurwahida, La Ode Safiun Arihi, Sakka Hasan

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Laloeha? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa PKn kelas III SD Negeri 2 Laloeha dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi norma yang berlaku di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun prosedur penelitian ini adalah : (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) evaluasi;  (5) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 10 orang atau sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata 66,25, persentase aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 64,7% dan pertemuan kedua sebesar 76,5%, persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 58,8% dan pertemuan kedua sebesar 76,5%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa  mencapai 15 orang atau sebesar 93,75% dengan nilai rata-rata 72,3, persentase aktivitas guru sebesar 88,2%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 82,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, persentase aktivitas mengajar guru dan persentase aktivivtas belajar siswa di kelas III SD Negeri 2 Laloeha Kabupaten Kolaka.

Kata kunci: Model pembelajaran, Think-Pair-Share, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amri S., 2013. Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Hartina, 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Lalombaa Pada Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten dan Kota Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Skripsi. FKIP. UHO. Kendari.

Nawariah, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa pada Materi Keputusan Bersama di Kelas III SD Negeri 05 Kendari Barat. Skripsi. FKIP. UHO. Kendari.

Suparno P., 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo.

Syah, Muhibin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kharisma Putra Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.