PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN TINENGI

Annas Annas, I Ketut Suardika, La Ode Rafiuddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tinengi pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya alam melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI). Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian menunjukkan, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tinengi Kabupaten Kolaka. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation hanya 20 siswa yang tuntas dari 30 siswa atau sebesar 66,67%. Pada siklus I siswa yang tuntas 20 siswa atau sebesar 66,67% dan yang tidak tuntas berjumlah 10 siswa atau 33,33%. Pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa atau sebesar 90% dan yang belum tuntas berjumlah 10 siswa atau sebesar 10%. Aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 66,67% dan pertemuan kedua sebesar 83,3% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 100% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertama sebesar 66,67% dan pertemuan kedua sebesar 83,3% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 100% dan pertemuan kedua sebesar 100%.

Full Text:

PDF

References


Almeda, R. & Sahyar. Effect of Cooperative Learning Model type Group Investigation Assisted PhET to Students’ Conceptual Knowledge.. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 7, Issue 4 Ver. III (Jul - Aug 2017), PP 75-80. State University of Medan, Indonesia) www.iosrjournals.org

Asma N. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif.

Haninu, W. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb SD Negeri 4 Poasia Tahun Ajaran 2005/2006 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Skripsi. Kendari: FKIP Universitas Halu Oleo.

Iskandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung: Gaung Persada Press.

Ismail. 2002. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Jihad A. dan Haris A. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Komalasari K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lyu, D. & Wang, Bei. 2018. Effects of the Application of Computer Network Technology to Guided Discovery Teaching on Learning Achievement and Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2018, 14(7), 3269-3276. https://doi.org/10.29333/ejmste/91249

Maryati. 2008. Model-model Pembelajaran. Diakses tanggal 28 Mei 2019 dari http:// www. sman1kesamben. com.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Slavin, E.R. 2005. Cooperative Learning. Boston: Allyn Bacon.

Suparno, Paul. 2008. Riset Tindakan Untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo

Surina. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri 2 Mowewe. FKIP Universitas Halu Oleo. Kendari.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kharisma Putra Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.