PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 KUKUTIO

Choiron Choiron, Izlan Sentryo, Yoo Eka Yana Kansil

Abstract


Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar matematika siswa tentang perkalian dan pembagian bilangan melalui penerapan model pendekatan pemecahan masalah. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan siswa kelas IV SD Negeri 1 Kukutio melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 bertempat di Kelas IV SD Negeri 1 Kukutio. Jumlah siswa kelas IV sebanyak 25 orang, terdiri atas 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes formatif siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan dapat dilihat dari hasil tes siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal sebanyak 15 siswa memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 60%. Dari hasil tes tindakan siklus II, setelah penggunaan model pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kukutio diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal terhadap pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan 23 siswa yang memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 92% atau mengalami peningkatan sebesar 32% dari hasil tindakan pada siklus I. Disimpulkan melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah, hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kukutio dapat ditingkatkan

Kata kunci: Model pembelajaran, pendekatan pemecahan masalah, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 1993. Kurikulum 1994 Sekolah Dasar – GBPP Mata Pelajaran Matematik: Jakarta.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti PPLTK.

Nana Sumarna, 2012. Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. FKIP UHO. Kendari.

Ruseffendi, E.T. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid dan Guru SPG. Bandung: Tarsito.

Suwarsono, St. 1998. Peranan Strategi Visual dalam Pembelajaran Matematika. Makalahdisajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika dalam Era Globalisasi. Program Pascasarjana IKIP Malang, 4 April.

Wardani, I.G.A.K. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman Uzer dan Setiawati Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.