PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN DAN KESEHATAN BAGI MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 1 TAMBEA

Nyoman Yuni, Dorce Banne Pabunga, La Ode Kaimuddin

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan dan kesehatan di kelas VSD Negeri 1 Tambea Kabupaten Kolaka?”. Penelitian ini berfokus pada perbaikan proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi alat pencernaan makanan dan kesehatan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan dan kesehatan di kelas VSD Negeri 1 Tambea Kabupaten Kolaka melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari  dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dua yaitu dari segi proses dan hasil belajar. Dilihat dari segi proses, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 90% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Dilihat dari segi hasil, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 80% dari jumlah siswa mencapai nilai ≥ 60. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VSD Negeri 1 Tambea Kabupaten Kolaka materi pokok alat pencernaan makanan dan kesehatan. Hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus I sebesar 57,89% siswa yang tuntas belajar dan pada siklus II meningkat menjadi 84,21% siswa yang tuntas belajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Model pembelajaran, jigsaw, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Mas’ud, A. 2009. Pembelajaran PAIKEM (online). (http://mas’ud.blogspot.com. Diakses tanggal 3 Agustus 2016)

Sanjaya W., 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prenada Media Group. Jakarta.

Slameto, 2003. Proses Belajar Mengajar dalam sistem Kredit Semester. Bumi Aksara. Jakarta.

Syah, M., 2007. Psikologis Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Usman M.U. 2001. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Wartono, dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Sains. Jakarta: Depdiknas.

Yuli. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-A SMA Taman Madya Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Program Sarjana Universitas Negeri Malang. (Online) (http:// karya- ilmiah. um. ac. id/ index. php/ biologi/ article/ view/2756 Diakses tanggal 2 Agustus 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.