MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI LEMBAGA NEGARA SESUAI UUD 1945 SERTA HASIL AMANDEMEN MELALUI PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 TALATA

Musnianingsi Musnianingsi, Sakka Hasan, Lisnawati Rusmin

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi Lembaga Negara Sesuai UUD 1945 serta Hasil Amandemen di kelas VI SDN 1 Talata Kabupaten Kolaka Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi Lembaga Negara Sesuai UUD 1945 serta Hasil Amandemen melalui penerapan strategi belajar peta konsep di kelas VI SDN 1 Talata Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 11 dari 22 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 50% dengan nilai rata-rata 65,3, dan pada siklus II terdapat 18 dari 22 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 81,8% dengan nilai rata-rata 75,1. Disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi Lembaga Negara Sesuai UUD 1945 serta Hasil Amandemen di kelas VI SDN 1 Talata Kabupaten Kolaka Timur.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Peta Konsep, Hasil Belajar, PKn

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Darlina. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Perumusan Pancasila Melalui Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep di Kelas VI SDN Inpres Wuyuneri Kabupaten Kolaka Utara. Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Dimyati dan Mudjiono, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik, O., 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad A. dan Haris A., 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lyu, Desheng & Wang, Bei. 2018. Effects of the Application of Computer Network Technology to Guided Discovery Teaching on Learning Achievement and Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2018, 14(7), 3269-3276. https://doi.org/10.29333/ejmste/91249

Masniah. 2010. Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep untuk Meningkatan Hasil Belajar PKn Siswa pada Materi Keputusan Bersama di Kelas V SDN 1 Konda Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Nur, Mohamad, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Press Unesa.

Plotz, Thomas. 2019. Are Concept Maps a Valid Measurement Toolfor Conceptual Learning? A Cross-case Study. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2020, 16(1), em1795. https://doi.org/10.29333/ejmste/110174

Syah, M., 2010. Psikologis Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.