Karakteristik Fisik Kawasan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) sebagai Faktor Pendukung dan Penghambat di Kabupaten Bombana

Rahmat Tybu, La Ode Nafiu, Hamdan Has

Abstract


Peternakan merupakan bagian dari sektor pertanian yang penting dalam menunjang perekonomian masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor penghambat dan pendukung program SPR di Kabupaten Bombana. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 di wilayah Kabupaten Bombana dengan sub-wilayah Kecamatan Rarowatu Utara, Lantari Jaya, Poleang Utara dan Kecamatan Poleang Selatan yang merupakan kecamatan lokasi pengembangan SPR berdasarkan rekomendasi Pemerintah Daerah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor pendukung SPR adalah ketersediaan fasilitas fisik seperti puskeswan yang terdapat di Rarowatu Utara dan Lantari Jaya, Pos IB yang terdapat di Rarowatu Utara dan Lantari Jaya, kepemilikan kebun HMT, Gudang pabrik yang terdapat di Poleang Selatan, dan padang pengembalaan; dan ketersediaan fasilitas non fisik seperti lembaga kemitraan (tidak ada), lembaga keuangan (bank), koperasi, dan faktor lingkungan dan kebiasaan masyarakat yang meliputi penyakit, kriminalitas, dan kebiasaan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Faktor pendukung SPR adalah faktor yang mendukung pengembangan SPR seperti tersedianya fasilitas fisik dan non fisik peternakan sapi. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor yang dapat menghambat pengembangan SPR seperti tidak tersedianya fasilitas fisik dan non fisik, lingkungan, kriminalitas, dan penyakit.

Full Text:

PDF

References


Ditjen PKH., 2015. Pedoman Sentra Peternakan Rakyat (SPR). Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Novra, A., dan Adriani. 2015. Masterplan Pembangunan Kawasan Peternakan Sapi Potong Provinsi Jambi. Buku dokumen perencanaan pengembangan peternakan, Kerjasama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi dan LPPM Universitas Jambi, Provinsi Jambi.

Herawati, T., A. Anggraeni, L. Praharani, D. Utami, dan A. Argiris. 2012. Peran Inseminator dalam Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi Perah . Informatika Pertanian, 21(2):81-88.

Farizaldi. 2011. Produktivitas hijauan makanan ternaka pada lahan perkebunan kelapa sawit berbagai kelompok umur di PTPN 6 kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 14(1): 68-73.

Rauf, A. 2015. Produktivitas Sapi Bali pada Sistem Penggembalaan di Kabupaten Bombana. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO)

Ruang Sistem Informasi, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.
Telp/fax: (+62-401-3190791)

 

JIPHO, with registered number 2548-1908 (online) have been indexed on:


GoogleScholarLogoipi