Fertilitas dan Daya Tetas Telur Burung Puyuh (Coturnix-coturnix japonica) yang Diberi Ramuan Herbal Melalui Air Minum dengan Dosis Berbeda.

Riko Rinaldi Middin, La Ode Nafiu, Rusli Badaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fertilitas, daya hidup embrio, dan daya tetas telur burung puyuh (coturnix coturnix japonica) yang diberi ramuan herbal (jahe, kunyit dan daun sirih) melalui air minum dengan dosis berbeda. Bahan-bahan yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas burung puyuh (coturnix coturnix japonica) dengan jumlah total 120 ekor jumlah tersebut terdiri 100 ekor betina dan 20 ekor jantan dengan sex ratio 1:5. Jumlah telur yang digunakan untuk setiap unit perlakuan adalah 10 butir sehingga total yang dibutuhkan adalah 200 butir. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali  ulangan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah fertilitas, daya hidup embrio, dan daya tetas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis sidik ragam akan dilakukan uji lanjut dengan uji duncan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pemberian ramuan herbal melalui air minum dengan dosis berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap fertilitas, daya hidup embrio, dan daya tetas. Perlakuan P2 dengan konsentrasi 10% memberikan rata-rata persentase tertinggi pada fertilitas dengan rata-rata sebesar 90,0%, daya hidup embrio sebesar 100%, dan daya tetas sebesar 90,6%.


Full Text:

PDF

References


Setianto J. 2005. Penggunaan cassava dan tepung indigofera sebagai pengganti jagung dalam pakan terhadap performans puyuh petelur pada umur 1-5 minggu. Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia. Vol: 7 (2): 76-81.

Yuwanta T. 2004. Dasar Ternak Unggas. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Saraswati TR. W. Manalu DR. Ekastuti and N Kusumorini. 2013. The Role of Turmeric Powder in Lipid Metabolism and Its Effect on Quality of The First Quail’s Egg. J. Indonesian Trop Anim Agric. 38 (2).

Nursal, Wulandari S, dan Juwita WS. 2006. Bioaktivitas ekstrak Jahe (Zingiber officinale Roxb) dalam menghambat pertumbuhan koloni bakteri Escherichia coli dan Bracillus subtilis. Jurnal Biogenesis.Vol: 2 (2) 64-66.

Hanafiah KA. 2008. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Edisi Ketiga PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta (ID).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO)

Ruang Sistem Informasi, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.
Telp/fax: (+62-401-3190791)

 

JIPHO, with registered number 2548-1908 (online) have been indexed on:


GoogleScholarLogoipi