Bobot Potong, Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Broiler yang Diberi Tepung Usus Ayam Broiler dengan Level Berbeda

Irmawati Irmawati, Natsir Sandiah, Fitrianingsih Fitrianingsih

Abstract


Ayam broiler merupakan salah satu ternak unggas penghasil daging yang berpotensi sebagai bahan pangan sumber protein untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bobot potong, persentase karkas dan lemak abdominal ayam broiler yang diberi tepung usus ayam broiler dengan level berbeda. Penelitian dilaksanakan selama 35 hari mulai dari bulan Juli sampai Agusutus 2019 bertempat di Desa Watunggarandu, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Selawesi Tenggara. Penelitian ini mengunakan 96 ekor ayam broiler dengan menggunakan  rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu P0 (perlakuan kontrol), P1 ( 3% tepung usus ayam), P2 (6% tepung usus ayam), P3 (9% tepung usus ayam) dan masing-masing  perlakuan diulang 4 kali. Variabel yang diamati pada penelitian yaitu bobot potong, persentase karkas dan lemak abdominal. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam (analysis of  variance) dan jika perlakuan berpengaruh nyata  maka akan dilanjutkan dengan uji beda antar perlakuan dengan menggunakan DMRT (Duncan Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung usus ayam broiler tidak berpengaruh nyata (P>0,05)  terhadap bobot potong, persentase karkas dan lemak abdominal ayam broiler. Tepung usus ayam broiler dapat digunakan sebagai pakan alternatif penganti tepung ikan.

Full Text:

PDF

References


Tala S. 2012. Pemanfaatan Usus Ayam Ras Pedaging sebagai Bahan Baku Alternatif Produksi Kecap melalui Teknis Hidrolisis. (Skripsi) Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin. Makassar.

Nugroho A. 2011. Evaluasi Teknologi Budidaya yang Memanfaatkan Limbah Rumah Pemotongan Ayam pada Pembesaran Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.). (Skripsi) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suharyanto MT dan Andi MP. 2009. Pemanfaatan Limbah Usus Ayam sebagai Pakan Pembesaran Rajungan (Portunus pelagicus). Pusat Riset Perikanan Budidaya.

Wijaya AJ. 2017. Pengaruh Pemberian Tepung Limbah Padat dari Industri pengolahan Tempe terhadap Bobot Potong, Persentase Karkas, Giblet dan Persentase Lemak Abdominal Ayam Broiler. (Skripsi). Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo. Kendari.

Charoen Pokphand Indonesia. 2004. Pakan dan Nutrisi dalam Manajemen Ayam Pedaging. Stadion Jenderal Charoen Pokphand. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO)

Ruang Sistem Informasi, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.
Telp/fax: (+62-401-3190791)

 

JIPHO, with registered number 2548-1908 (online) have been indexed on:


GoogleScholarLogoipi