Hubungan Lama Waktu Sexing Dengan Kualitas Spermatozoa Sapi Bali (Bos Sondaicus) Pada Medium Sexing Tris-Kuning Telur

Luzardin Luzardin, Takdir Saili, Achmad Selamet Aku

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama waktu sexing dengan kualitas spermatozoa sapi bali (Bos sondaicus) pada medium sexing tris-kuning telur. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 3 perlakuan (lama waktu sexing) dan setiap perlakuan terdiri atas 6 ulangan (frekuensi penampungan). Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah : P1 (waktu sexing 20 menit), P2 (waktu sexing 30 menit), P3 (waktu sexing 40 menit). Semen yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sapi pejantan milik Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Perbibitan Ternak dan Pakan Ternak Kecamatan Konda dimana terlebih dahulu dilakukan penampungan semen yang dilanjutkan dengan prosedur sexing spermatozoa menggunakan medium sexing Tris-Kuning Telur dengan durasi yang berbeda sesuai perlakuan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah konsentrasi spermatozoa, persentase motilitas, persentase viabilitas dan persentase membran plasma utuh (MPU). Berdasarkan hasil penelitian, lama waktu sexing yang berbeda sangat berpengaruh (P<0.01) terhadap konsentrasi spermatozoa dan persentase motilitas spermatozoa setelah sexing namun tidak berpengaruh (P>0.05) terhadap persentase viabilitas dan persentase membran plasma utuh (MPU) spermatozoa.

Full Text:

PDF

References


Hastuti, D. 2008. Tingkat keberhasilan inseminasi buatan sapi potong di tinjau dari konsepsi dan service per conception. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 4(1):12-20.

Aisah, S., N. Insani dan S. Wahyuningsih. 2017. Kualitas semen segar dan recovery rate sapi Bali pada musim yang berbeda. Jurnal ilmu-ilmu peternakan, 27(1):63-79.

Fatahillah., T. Susilawati., N. Ismani. 2016. Pengaruh lama sentrifugasi terhadap kualitas dan proporsi spermatozoa X-Y sapi Limousin hasil sexing dengan gradien densitas percoll menggunakan pengencer Cep-2+10%KT. J. Ternak Tropika, 17(1):86-97.

Munazaroh, A. M., S. Wahyuni dan G. Ciptadi. 2013. Uji kualitas spermatozoa kambing Boer hasil pembekuan menggunakan Mr. Frosty pada tingkat pengenceran andromed berbeda. J. Ternak Tropika, 14 (2):63-71.

Saili, T. 1999. Efektifitas penggunaan albumin sebagai medium separasi dalam upaya mengubah rasio alamiah spermatozoa pembawa kromosom X dan Y pada Sapi. Tesis. Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO)

Ruang Sistem Informasi, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.
Telp/fax: (+62-401-3190791)

 

JIPHO, with registered number 2548-1908 (online) have been indexed on:


GoogleScholarLogoipi