Konsumsi Ransum, Produksi Telur dan Konversi Ransum Burung Puyuh (Coturnix Coturnix japonica) yang Diberi Kombinasi Herbal ( Kunyit, Jahe, dan Daun Sirih) Melalui Air Minum dengan Dosis Berbeda.

Febi Pangestu, La Ode Nafiu, Hamdan Has

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi ransum, produksi telur dan konversi ransum burung puyuh (coturnix coturnix japonica) yang diberi kombinasi herbal ( kunyit, jahe, dan daun sirih) melalui air minum dengan dosis berbeda. Bahan-bahan yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas burung puyuh (coturnix coturnix japonica) dengan jumlah 100 ekor betina umur 3 bulan. Puyuh tersebut dipelihara selama 6 minggu. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah konsumsi pakan, produksi telur dan konversi pakan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis sidik ragam dilakukan uji lanjut dengan uji duncan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pemberian kombinasi tanaman herbal melalui air minum dengan dosis berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, produksi telur dan konversi pakan. Perlakuan P2 dengan konsentrasi 10% memberikan rata-rata persentase tertinggi pada konsumsi pakan dengan rata-rata sebesar 20,77 (g/ekor/hari) dan produksi telur sebesar 86,91%.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2018. Statistik Peternakan dan Kesehatan Ternak2018. Direktorat Jenderal Peternakan danKesehatan Hewan. Kementrian RI.

Nursal W, Sri, Wilda S. 2006. Bioaktifitas Ekstrak Jahe (Zingiber officinale Roxb.) Dalam Menghambat Pertumbuhan Koloni Bakteri Escherichia colli dan Bacillus subtilis. Jurnal Biogenesis 2(2): 64-66.

Jadi LM. 2003. Penggunaan Kombinasi Beberapa Jenis Tanaman Obat untuk Pengendalian Penyakit pada Ayam Buras. Jurusan Peternakan, Politeknik Pertanian Negeri, Kupang (ID).

Yuliana. 2016. Penampilan produksi ayam kampung yang diberi jamu ternak melalui air minum. [Skripsi]. Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo. Kendari (ID).

Wa Tini. 2019. Peforma produksi telur burung puyuh (cortunix-cortunix japinica) yang diberi jamu (jahe, kunyit dan temulawak). [Skripsi]. Fakultas Peternakan. Universitas Halu Oleo. Kendari (ID).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Ruang Sistem Informasi, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo.
Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.
Telp/fax: (+62-401-3190791)

 

JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo), with registered number 2548-1908 (online)


Creative Commons License
JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.