Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Malna Malna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 93 Kendari yang disebabkan oleh penggunaan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk pretest- posttest control group design. Instrumen  yang digunakan berupa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan rumus gain score normalized dan dilanjutkan dengan independent sample t test variable. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 93 Kendari maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis statistik menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 8,52 > 1,671. Hasil analisis ini mengandung makna bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hal ini didukung dengan uji N-Gain yang menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan peningkatan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 0,87 > 0,42 dengan kriteria sedang pada kedua sampel. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif diterapkan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV dibandingkan model konvensional.


Keywords


hasil belajar, inkuiri terbimbing, ipa.

Full Text:

Download

References


Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eggen, P., & Kaucak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir Edisi Keenam. Terjemahan Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Fathurrrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i3.20467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)