Pemahaman Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Video Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Dewi Nurjanah, Pratik Hari Yuwono

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika melalui media video dalam pembelajaran jarak jauh di kelas IV SD Negeri Ketanggung Kabupaten Cilacap. Pemahaman kognitif merupakan salah satu aspek keberhasilan pembelajaran. Pada pembelajaran jarak jauh diperlukan penggunaan media yang dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa. Salah satu media yang dibutuhkan yaitu media video karena dapat menerapkan konsep materi yang abstrak menjadi lebih konkret. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kognitif siswa baik jika siswa menyimak media video yang guru berikan. Hal tersebut terlihat ketika observasi pertama, siswa menyimak dengan baik media video, siswa aktif dalam belajar dan hasil evaluasi siswa baik. Berbeda pada observasi kedua ketika kebanyakan siswa tidak menyimak media video dengan baik, siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajarnya cukup rendah. Pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan media video tidak lepas dari beberapa faktor pendorong maupun faktor penghambat pada pelaksanaannya


Keywords


pemahaman kognitif; mata pelajaran matematika; media video; pembelajaran jarak jauh

Full Text:

Download

References


Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28-37.

Andriani, S., Sunismi, & Faudy, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Realistik pada Materi Aritmatika Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Penelitian, dan Pembelajaran, 14(7), 77-83.

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widya.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50.

Kurniasih, E., & Agustina, D. A. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Berbasis Blended Learning. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 349-358.

Lestari, & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mustakim. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-27.

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1), 134-145.

Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 354-364. https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014

Saleh, A. A. (2021). Sosialisasi dan Pendampingan Model Pembelajaran Jarak Jauh (Online) di Masa Pandemi. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Sanjaya, W., & Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-10.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)