Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Melalui Metode Bermain Peran

Wa Ode Nursinta Alvionita, Sri Yuliani M, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran di TK Negeri Tandai Bale Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Negeri Tandai Bale  yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Temuan penelitian di siklus I aktivitas mengajar guru mencapai 80%, aktivitas belajar anak didik mencapai 80% dan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran mencapai 66,67%. Sedangkan siklus II aktivitas mengajar guru meningkat mencapai 93,33%, aktivitas belajar anak didik meningkat mencapai 93,33% dan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran mengalami peningkatan mencapai 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa pada anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran di TK Negeri Tandai Bale Kabupaten Buton Utara.


Keywords


anak usia dini, bermain peran, kemampuan berbahasa.

Full Text:

Download

References


Aida, N., & Rini, R. A. P. (2015). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 87-99. https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.494

Aisyah, S. (2008). Pengembangan dan Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amelia, L., & Ramadhani, L. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok B Di TK Bohhatema Aceh Besar. Jurnal Buah Hat , 3(2), 19-34. https://doi.org/10.46244/buahhati.v3i2.548

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 105-110. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Aulina, C. N. (2015). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 59-69. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.73

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39-42.

Delfita, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.24036/1700

Fadhilah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Harun, R., Mansyur, & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Iswanti, Esti, & Faraz, U. (2012). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Badan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas.

Musfiroh, T. (2005). Bercerita Anak Usia Dini. Jakarta : Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi.

Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 93-104. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4418

Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 18(2), 41-47.

Pujiati, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Peran. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Putri, M., Rakimahwati, R., & Zulminiati, Z. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Journal Of Studies In Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 171-179. doi:10.31331/sece.v1i2.730

Rahmawati, A. (2014). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 382-392.

Rosalina, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, 9(1), 19-35.

Sternberg, R. J. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pendana Media Grup.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Winda, G., Suryani, L., & Muis, A. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118-134. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.15829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)