Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Neni Ferli Yanti, La Arapu, Kadir Kadir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kepercayaan Diri terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 1 Barangka. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Barangka. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling sehingga terpilih kelas VII2, VIII4, IX1. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematika, angket kepercayaan diri dan dokumentasi hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Kepercayaan diri siswa (X) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika (Y1) siswa SMP Negeri 1 Barangka sebesar 29,9%, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. (2) Kepercayaan diri siswa (X) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y2) siswa SMP Negeri 1 Barangka, sebesar 79%, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.


Keywords


hasil belajar matematika, kemampuan komunikasi matematika, kepercayaan diri.

Full Text:

Download

References


Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844

Beta, S. D. N., Yatha, Y., & Rifa, A. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.

Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Fitriyani., Budi, A. P., & Rizki, U. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Kontekstual, 1(2).

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, K E,. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prita. I. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 1-9. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.183

Purnamasari, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lasalepa. Skripsi. Kendari: Jurusan Pendidikan Matematika UHO.

Putri, W. E., Zuzano, F., & Khairudin. (2013). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-8.

Ria, E., & Rosdiana. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kusambi. Jurnal penelitian pendidikan matematika, 2(1), 28-42.

Sardin, & Nurmita, W. O. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 1 Batauga. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 9(1), 43-54.

Sidik, A., Ramlah, & Utami, M. R. (2017). Hubungan Antara Self-Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 222-226.

Tisngati, U., Meifiani, N. I. (2014.) Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 8-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.15827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)