Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Rahmawati Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 03 Bombana dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII-IPA3 SMA Negeri 03 Bombana mulai tanggal 3 Juli 2018 sampai dengan 15 September 2018 dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan  lembar  observasi  dan  tes  hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ditetapkan jika minimal 75% siswa telah tuntas secara individu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika siswa kelas XII IPA3 di SMA Negeri 03 Bombana pada materi pokok peluang dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu tergambar dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individu, yakni pada siklus I hanya terdapat 3 orang (8,82%) meningkat menjadi 34 orang (100%).

Keywords


hasil belajar matematika; metode demonstrasi; pembelajaran.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165-178. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Astuti, T. W. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Simetri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sayangan No.244 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Konseling, 18(1), 39-55.

Etrianti. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Amal Pendidikan, 1(2), 176-183.

Fitriyah, L., & Purba, R. T. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas 3 SD Negeri Kecandran 01. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(3), 175-182. http://dx.doi.org/10.23887/jere.v1i3.11760

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. SPEJ (Science and Physic Education Journal, 1(2), 96-102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272

Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Ratih, R., Sunardi, S., & Dafik, D. (2013). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Materi dalam Ujian Nasional Matematika SMA program IPA Tahun Ajaran 2009/2010 di Kabupaten Banyuwangi. Pancaran Pendidikan, 2(1), 185–196.

Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Teori Pembelajaran Sibernetik Berbantuan Software Derive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 229-238. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16068

Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.

Situmorang, H., & Situmorang, M. (2013). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Pengajaran Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 28-36.

Subrata. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Asam Basa Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Scienta Indonesia, 1(1), 37-44.

Yane. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 1(2), 162-168.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.15780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)