Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar

Fitriani Lestari, Marsu Sinto, Eva Kurniasari, Aufaa Ronaa Almaas, Zahro Ulfah Auliya, Fadhilah Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika materi bangun ruang dengan pembelajaran daring di SMPN 1 Leksono ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah  siswa-siswi kelas VIII SMP N 1 Leksono. Pengambilan data meliputi angket gaya belajar, lembar tes tertulis uraian, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa dengan gaya belajar audio mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep dan memahami informasi yang diberikan oleh soal;(2) Siswa dengan gaya belajar gabungan mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep karena tidak mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai bangun ruang;(3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai kesulitan dalam hal pemahaman soal, terlihat dari kurang ketelitian dalam menjawab soal, serta kesulitan dalam hal pemahaman konsep;(4) Siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep yang matang mengenai rotasi;(5) Siswa dengan gaya belajar read-write mempunyai kesulitan dalam hal memahami maksud yang ditanyakan dalam soal.


Keywords


bangun ruang; gaya belajar; kesulitan belajar

Full Text:

DOWNLOAD

References


Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 159-170. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/235

Apipah, S., & Kartono, K. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran VAK dengan Self Assesment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 148-156. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20472

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui tiagulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Ernawati, E., Hadaming, H., Ramdani, R., & Ardhillah, A. (2019). Profil Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Delta-Pi: Journal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 14-22. doi:http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v8i2.1374

Fleming, N. D., & Bonwell, C. (2019). How do I learn best? A learner's guide to improve learning. USA: Author. Retrieved from https:/bit.ly/33ITANs

Jannah, T. M., & Bharata, H. (2020). The Analysis of Dyscalculia That Reffered to The Learning Style of Fleming and Mills Theory on Matrix Materials of MAN 1 Metro Students. International Conference on Lesson Study of Science Technology Engineering and Mathematics, 1-8. doi:10.1088/1742-6596/1563/1/012068

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, edition 3. USA: Sage Publication.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: are They the Same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129-135. doi:https://doi.org/101016/j.iheduc.2010.10.001

Ningsih, I., & Haerudin. (2020). Kemampuan Spasial Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 623-631. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2662

Nugraheni, D. (2013). Penerapan Pendekatan “Savi” Untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Topik Sistem Pertahanan Tubuh (Skripsi). Retrieved from http://repository.upi.edu/2358/

Nuriza, I., Yusmin, E., & Bistari, B. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7), 1-9. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41198

Putri, M. D., & Marpaung, J. (2018). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 50 Batam. Cahaya Pendidikan, 4(1), 34-43. doi:http://dx.doi.org/10.33373/chypend.v4i1.1280

Rahmawati, F., Pamungkas, M. D., & Sariningtias, R. (2020). The Van Hiele Geometry Thingking Level of Autism Students. (A. Press., Ed.) In 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019), 1369-1375. doi:10.2991/167

Rezaeinejad, M., Azizifar, A., Gowhary, H. (2015). The study of learning style and its relationships with educational achievement among Iranian high school students. Social and Behavioral Science, 199(1), 218-224. doi:10.1016/j.sbspro.2015.07.509

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berfikir Van Hiele. Mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298. doi:10.31980/317

Soleha, S., Rasiman, R., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMK. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matemtaika, 1(5), 130-147. doi:10.26877/4460

Susilo, B. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Hal Sejajar, Bersilangan, dan Tegak Lurus dalam Mata Kuliah Geometri Ruang ditinjau dari Gaya Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIORA:. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 127-136. http://dx.doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1611

Syawahid, M. & Putrawangsa, S (2017). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar . Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240. doi:10.20414/121

Tanjungsari, R. D., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1), 52-57. doi:10.15294/261

Trizulfianto., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 195-208. http://dx.doi.org/10.30738/.v5i2.1229

Umrana , U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67-76.

Widyaningrum, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakansoal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165-190. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/72

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 2(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.15386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)