Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa

Muhamad Ilham

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kimia siswa  kelas XI SMAN 02 Bombana pada materi hidrokarbon dan minyak bumi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di kelas XI SMAN 02 Bombana yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, meliputi: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi dan evaluasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pairs checks berhasil meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi pokok hidrokarbon dan minyak bumi. Nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yaitu dari 63,39 menjadi 75,17. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan persentase dari 46,43% menjadi 85,71%. Berdasarkan ketuntasan belajar yang telah dicapai pada siklus II sebesar 85,71% maka indikator keberhasilan 75% siswa dengan nilai yang diperoleh ≥65 sudah tercapai.

Keywords


hasil belajar kimia; hidrokarbon; pairs checks.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Ahmad, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Jurnal Sainsmat, 5(2), 137-142.

Arifin, S., & Aprisal. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89-98. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9974

Barczi, K. (2013). Applying Cooperative Techniques in Teaching Problem solving. CEPS Journal, 3(4), 61-78.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59-66.

http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 38-43.

Lestari, R., & Linuwih, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Social Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 190-194. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2159

Kuslaila, M., Ningsih, E. F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Checks Pada Materi Pokok Segitiga Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 110-115. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1974

Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.

Saputra, H. N., & Salim. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pedagogik, 7(1), 22-46.

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 1-6. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.450

Suriyani, E. (2018). Penerapan Metode Think Pairs Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 4(2), 354-362. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10161




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.15166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)