Penerapan Pembelajaran Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa

Sesy Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia pada materi bilangan kuantum  siswa kelas X SMAN 02 Bombana dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMAN 02 Bombana yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 30 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini mengikuti prosedur berikut : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, dan (5) refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuantitatif dan kualitatif melalui lembar observasi, tes hasil belajar, dan jurnal. Indikator keberhasilan bagi siswa dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika minimal 85% siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistik dapat memperoleh nilai yang telah ditentukan sekolah yaitu ≥6,5. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil  belajar kimia  siswa kelas X SMAN 02 Bombana pada pokok bahasan bilangan kuantum  dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis realistik yaitu sebanyak 26 siswa (86,67%) telah memperoleh nilai ≥ 6,5, hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa telah mencapai 100%.

Keywords


bilangan kuantum; hasil belajar; realistic mathematics education.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Abujinah, A., Bey, A., & Sahidin, L. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII4 SMP Negeri 10 Kendari Pada Materi Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Educatin. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v1i2.2961

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Jurnal Mushorafa, 6(2), 207-216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308

Bernard, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Macromedia Falsh Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung (pp. 425-429). Bandung, Indonesia. Pasca Sarjana STKIP Siliwangi.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.

Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325-336.

Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12. http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12806

Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Pratomo, W. H., Ysh, S., & Rahmawati, I. (2016). Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dengan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 141-147.

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284.

Saputra, H. N., & Salim. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pedagogik, 7(1), 22-46.

Sopyan, R., Dewi, M. K., Fauzan, G. A., & Bernard, M. (2019) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Konsep Diri (Self Concept) Siswa SMP Di Era Milenial. Jurnal On Education, 2(1), 45-52.

Triawan, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal On Education, 1(3), 507-514.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.13943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)