Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA

Rosmawati Rosmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur atom di kelas X  SMAN 02 Bombana melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, di  SMAN 02 Bombana pada siswa Kelas X, berjumlah 32 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah faktor siswa dan faktor guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, meliputi : (a) perencanaan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi dan evaluasi, (d) refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 71,58%, meningkat pada siklus II menjadi 81,25%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 83,25%, meningkat pada siklus II menjadi 91,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 68,12 meningkat menjadi 72,50 pada siklus II. Rerata ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I diperoleh nilai sebesar 68,75%, meningkat pada siklus II menjadi 81,25% siswa telah mencapai nilai ≥70. Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah yaitu 70% siswa memperoleh nilai ≥70 dapat dicapai.

Keywords


hasil belajar; model pembelajaran berbasis masalah; struktur atom.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2), 134-143. https://doi.org/10.21831/jk.v43i2.1968

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 200-204. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i3.259

Bintaria, H., Musa, W. J. A., & Laliyo, L. A. R. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berfikir Kombinasi Visual-Spasial Terhadap Penguasaan Konsep Laju Reaksi Siswa SMA Negeri 2 Limboto. Jurnal Entropi, 13(2), 127-134.

Degeng, I.N.S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Faturrokhim, M. A., & Utami, B. (2012). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Siswa Kelas VIII-A di MTS Miftahul Huda Jatisari 2011/2012. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS (pp. 317-321). Surakarta, Indonesia. Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(1), 34-44.

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Strategi Koperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 8(2), 41-46. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v8i2.77

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(1), 76-86. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1694

Rochani, S. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Dan Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273-278. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1694

Salim., Lambertus., & Bariudin, L. O. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 28-38. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i1.5348

Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5-9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1025




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.13942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)