Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Perkalian dan Pembagian Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw

Yulince Ragindo

Abstract


Model pembelajaran koperatif tipe jigsawdiyakini dapat mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SD Negeri 84 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 84 Kendari pada bulan Oktober 2019. Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III yang duduk pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi perkalian bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 84 Kendari dengan persentase rata-rata tiap siklus adalah 50,87 pada kemampuan awal, 57,23 pada tes siklus I, dan 66,43 pada tes siklus II.

 


Keywords


hasil belajar matematika; strategi pembelajaran jigsaw.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Amargawati, D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Karangploso. Cendekia, 11(1), 13-30. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.248

Astuti, R. D., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pembelajaran Jigsaw dan TAI Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Sikap Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 235-250. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7339

Badaeni, N., Ikman., Arvyati., & Salim. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II Tahun 2019 (pp. 101-112). Kendari, Indonesia. Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53-57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104

Juwaeriyah, S., Muhyani., & Ikhtiono, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Attadib Journal of Elementary Education, 1(2), 78-93. https://doi.org/10.32507/attadib.v1i2.24

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Koperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3039

Rosyidah, Ummi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP, 1(2), 115-124. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Sabil, Husni. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Model Jigsaw Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMPN 7 Muaro Jambi. Edumatica, 3(2), 43-47. https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1579

Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Teori Pembelajaran Sibernetik Berbantuan Software Derive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 229-238. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16068

Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.

Wahid, Abdul. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPD di SDN Kabupaten Bangkalan. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14-30. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p014

Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98-106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976

Widyastuti, Eri. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v1i1.208

Winarso, Widodo. (2014). Problem Solving, Creativity, dan Decision Making dalam Pembelajaran Matematika. EduMa, 3(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.3




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.11951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)