Meningkatkan Kemampuan Hitung Pecahan Desimal Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Isnawati Isnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hitung pecahan desimal siswa dengan menerapkan pendekatan realistic mathematic education dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 37 Kendari pada 11-27 april 2019. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 34 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini terdiri atas empat langkah dan dilaksanakan secara sistematis dengan perencanaan yang telah ditentukan, diantaranya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan hitung pecahan desimal siswa kelas VI SD Negeri 37 Kendari dapat ditingkatkan melalui pendekatan realistic mathematic education. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada kemampuan awal sebesar 52,94%, meningkat menjadi 70,59% pada siklus I, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,35%.

 


Keywords


hasil belajar matematika; pendekatan realistik matematika.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Azizah, K., Pitdjeng., & Nugraheni, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VB Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Journal of Elementary Education, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.15294/jlj.v2i2.1845

Fahrudhin, A.G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20.

http://dx.doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1(1), 152-164.

Kurino, Y. D. (2017). Penerapan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 37-47. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594

Kusumawati, Noviana. (2013). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 104-113. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v1i1.467

Lestari, Karunia Eka. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Margantara, M. I., Asnawati, R., & Gunawibowo, P. (2017). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7), 830-841.

Nasir, A. M., Sari, I. E., & Yasmin. (2019). Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(1), 22-32. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1246

Obiarta, I. N., Sudiana, I. W., & Rasana, I. D. P. R. (2014). Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2598

Salim., Lambertus., & Bariudin, L. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 28-38. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i1.5348

Sumandya, I Wayan. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 55-65. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407741

Susilowati, Endang. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pinus, 4(1), 44-53. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12494




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.11943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)