Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa

Hasnan Hasnan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPS materi pengelolaan uang telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I diperoleh data hasil belajar siswa yang memiliki nilai >6 sebanyak 19 siswa (47,5%). Pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa yang memiliki nilai >6 sebanyak 34 siswa (85,00%). Hasil ini berada di atas standar ketuntasan belajar yang direncanakan (80%). Aktivitas pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan bila dibandingkan antara tahap siklus I dan siklus II.

 


Keywords


contextual teaching and learning; hasil belajar IPS

Full Text:

DOWNLOAD

References


Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 13(2), 93-106.

Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 142-149. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.20

Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.214

Hasnidar, & Elihami. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42-47.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 16-29. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.

Sugandi, A. I., & Benard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16-23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1), 23-40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.11941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)