Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Erniwati Erniwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 84 Kendari pada bulan Juli 2019. Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV yang duduk pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe NHT pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kendari. Peningkatan tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mencapai kategori aktif dan sangat aktif dari 80% pada siklus pertama meningkat menjadi 100% pada siklus kedua, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran yang mencapai kategori baik dan sangat baik dari 80% pada siklus pertama meningkat menjadi 100% pada siklus kedua, dan (3) hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar dari 59,09% pada siklus pertama meningkat menjadi 86,36% pada siklus kedua.

 


Keywords


hasil belajar matematika; model numbered heads together;.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Badaeni, N., Ikman., Arvyati., & Salim. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II Tahun 2019 (pp. 101-112). Kendari, Indonesia. Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo.

Hadiyanti, R., Kusni., & Suhito. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journla of Mathematic Education, 1(1), 59-65. https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Koperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3039

Noor, A. J., & Megawati. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45-52. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.600

Nurmal, M. J., Hasbi, M., & Karniman, T. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togheter (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 7(1), 60-73.

Rajab., Sukayasa., & Rochaminah, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) A SMK Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 193-206.

Sakban, A., & Wahyudin. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 18-24. https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.924

Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Teori Pembelajaran Sibernetik Berbantuan Software Derive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 229-238. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16068

Santiana, N. L. P. M., Sudana, D. N., & Garminah, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togheter (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Desa Alasangker. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3232

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Togheter Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 2(2), 196-203. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.220

Sholikhah, O. H., Budiyono., & Saputro, D. R. S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematik, 2(7), 727-739.

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Koperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(2), 71-77. https://doi.org/10.15294/jpe.v1i2.785

Winarso, Widodo. (2014). Problem Solving, Creativity, dan Decision Making dalam Pembelajaran Matematika. EduMa, 3(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.3




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/japend.v1i3.11932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Amal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Amal Pendidikan Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Amal Pendidikan by http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit

FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp) : Salim (085341614860)