Analisis Tingkat Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Permukiman Wilayah Pesisir Lingkar Tambang Desa Tapunggaya

Muhammad Arya Pratama, Irfan Ido, Jufri Karim

Abstract


Sarana dan prasarana yang ada di Desa Tapunggaya belum memadai sehingga dibutuhkan adanya penyediaan sarana dan prasarana untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Tapunggaya dan melihat kontribusi perusahaan pertambangan terhadap sarana dan prasarana permukiman. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana dasar permukiman di wilayah pesisir lingkar tambang Desa Tapunggaya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa analisis skoring dan analisis proyeksi penduduk. Hasil kebutuhan sarana Permukiman Pesisir di Desa Tapunggaya dalam kurun waktu 5 tahun kedepan dengan menggunakan analisis proyeksi penduduk di perlukan 1 unit posyandu untuk pelayanan kesehatan anak-anak usia belita dan 1 unit TPI agar para nelayan bisa memasarkan dan menjual hasil tangkapan mereka dan perlu adanya pembangunan dari setiap prasarana yang belum ada. Peningkatan dari beberapa sarana dan prasarana maka dibutuhkan pemeliharaan untuk pengoptimalan fungsi setiap sarana prasarana yang ada di Permukiman Pesisir Desa Tapunggaya. Melihat segi kontribusi adanya perusahaan tambang di Desa Tapunggaya Pihak perusahaan tambang hanya berkontribusi berupa pembangunan teras mesjid di Desa Tapunggaya, yang artinya bahwa pihak perusahaan pertambangan kurang berkontribusi terhadap saran dan prasrana yang ada di Desa Tapunggaya.

Kata Kunci : Permukiman Pesisir, Sarana Prasaran, dan Lingkar Tambang 

DOI: 10.5281/zenodo.3607286


Full Text:

PDF

References


Dahuri, R. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut. Aset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ernestine, Josefine. dkk. 2010. Evaluasi Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Lingkungan Permukiman Nelayan. UKI Paulus Makassar.

Moh. Nasir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Standar Nasional Indonesia 03-1733-2004 tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan.

SPM PU No. 534 Tahun 2001 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Minimal Pedoman Penentuan Standar Pelayanan Minimal Bidang Penataan Ruang, Perumahan Dan Permukiman Dan Pekerjaan Umum.

Sutigno, Aditya Listiyan dan Bitta Pigawati. 2015. Bentuk Adaptasi Masyarakat terhadap Bencaba Rob di Desa Sriwulan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jurnal Teknik PWK. Vol. 4, No. 4, p. 499-513.

Tipka, Jefri. 2011. Proyeksi Penduduk Berlipat Ganda Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. Vol. 5, No. 2, p. 31-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jagat.v3i2.9269

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33772/jagat.v3i2.9269.g6572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editor:

Jurusan Geografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Universitas Halu Oleo

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------