Deteksi Perubahan Tutupan Lahan Menggunakan Metode Linear Spectral Mixture Analysis (LSMA) Pada Citra Landsat (Studi Kasus: Kota Raha dan Sekitarnya)

Yuyun Yuyun, Ida Usman, Sawaludin Sawaludin

Abstract


Kehetterogenan daerah perkotaan, serta keterbatasan kemampuan sensor pada resolusi spasialnya membutuhkan analisis pada level sub-piksel. Piksel campuran dalam data penginderaan jauh merupakan salah satu sumber kesalahan dalam penilaian akurasi hasil klasifikasi dalam menggunakan metode Klasifikasi konvesional. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis perubahan tutupan lahan antara Tahun 2002-2014. (2) Untuk mengetahui perubahan tutupan lahan berdasarkan metode LSMA. (3) Menganalisis akurasi hasil klasifikasi tutupan lahan yang diperoleh dengan menggunakan metode LSMA pada Tahun 2002 dan Tahun 2014. Linear spectral Mixture Analysis merupakan suatu metode pendekatan dengan menggunakan analisa sub-piksel yang dapat member informasi fraksi yang ada dalam satu piksel, sehingga dapat menjadi solusi yang potensial untuk mengklaskan satu piksel. Beberapa tahap pemrosesan juga diterapkan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil akurasi, yaitu Minimum Noise Fraction dan Pixel Purity Index (PPI). Nilai fraksi endmember untuk tahun 2002 diperoleh RMS Error rata-rata sebesar 0,591477 dan untuk tahun 2014 diperoleh RMS Error sebesar 1,255820, dengan uji akurasi rata-rata sebesar 94,11%. Hasil deteksi perubahan melalui metode LSMA mampu menunjukkan perubahan pada setiap piksel atau pada setiap luasan 30 m x 30 m.

Kata Kunci : Liner Spectral Mixture Analysis, Minimum Noise Fraction, Pixel Purity Index

DOI : 10.5281/zenodo.2667847


Full Text:

PDF

References


Amelia, N.R., Akhbar, Idha, R. 2015. Pembuatan Peta Penutupan Lahan Menggunakan Foto Udara Yang Dibuat Dengan Paramotor Di Taman Nasional Lore Lindu (Tnll) (Studi Kasus Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi). Universitas Tadulako: Sulawesi Tengah.. Vol. 3, No. 2, P : 65-72.

Haryani, N.S., Sayidah, S., Junita, M.P., Hana, L.F. 2015. Klasifikasi Daerah Tercemar Limbah ACID SLUDGE Menggunakan Metode Spectral Mixture Analysis Berbasis Data Landsat 8. Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Jakarta Selatan: Indonesia. Jurnal Penginderaan Jauh Vol. 12 No. 1 P : 13-28.

Kusriani. 2011. Perubahan Penggunaan Lahan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta. Vol. 25, No. 1 P: 25 – 40.

Nurlina. 2008. Analisis Spektral Campuran Linier untuk Deteksi Tutupan Lahan di Daerah Perkotaan menggunakan Data Satelit Landsat ETM+ (Studi Kasus Kota Banjarbaru dan Sekitarnya). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada:

Sampurno, R.M., Ahmad, T. 2016. Klasifikasi Tutupan Lahan Menggunakan Citra Landsat 8 Operational Land Imager (Oli) Di Kabupaten Sumedang (Land Cover Classification Using Landsat 8 Operational Land Imager (Oli) Data In Sumedang Regency). Universitas Padjajaran: Bandung. ISSN : 2528-6285. Vol. 10 No. 2 P:1978-1067.

Surni., Sumbangan, B., Usman, A. 2015. Dinamika perubahan penggunaan lahan, penutupan lahan terhadap hilangnya biodiversitas di DAS Tallo, Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin, Makasar: Sulawesi Selatan.

Utomo, R.W., Bandi, S., Arief, L.N. 2015. Deteksi Perubahan Tutupan Lahan Dengan Menggunakan Metode Linear Spectral Mixture Analysis Pada Citra Landsat 7 Tahun 2002 Dan Citra Landsat 8 Tahun 2013 (Studi Kasus:Klaten, Jawa Tengah). Unversitas Diponegoro: Semarang. I Vol. 4 , No. 2

Widiatmaka, S.H. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tata Guna Lahan. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------