Studi Pengembangan Fasilitas Sistem Logistik Perikanan di Kota Baubau

Jamal Harimudin, Fitriani Fitriani, Anita Indirasary

Abstract


Sistem logistik perikanan di Kota Baubau memerlukan pengembangan fasilitas, sehingga perlu diadakan studi pengembangan fasilitas sistem logistik perikanan di kota baubau. Metode penelitian yang digunakan yaitu mendeskripsikan kondisi infrastrukur berupa: transportasi darat, udara dan laut; dan analisis pengembangan pangkalan pendaratan ikan dilakukan dengan menganalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan Infrastruktur berupa transportasi laut di Kota Baubau dapat mendukung mendukung, transportasi darat belum mendukung dibeberapa kecamatan. Volume barang yang diangkut melalui angkutan udara ini masih relatif kecil, namun nilai barang yang diangkut terus meningkat dari tahun ke tahun, baik untuk pengiriman dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini menjadi penunjang kemajuan kota Baubau. Luas kolam pelabuhan yang dibutuhkan yaitu 261.488,81 meter2  dan Luas Gedung Pelelangan yaitu 645,38 m2 . sarana dan prasarana yang belum memenuhi kriteria Peraturan Menteri Indonesia No.10/MEN/2004 yiatu Gedung TPI, Kantor pengelola TPI, Bak penampungan air, Toilet, Sanitasi, Tempat pembuangan dan Tempat parkir

Kata Kunci : Pengembangan, Fasilitas, Sistem Logistik, Perikanan

DOI : 10.5281/zenodo.2667841


Full Text:

PDF

References


Dijten Perikanan Tangkap. 2002. Pedoman Pengelolaan Pelabuhan Perikanan. Jakarta

Direktorat Jendral Perikanan. 1981. Standar Rencana Induk dan Pokok-Pokok Desain Untuk Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Ikan. Jakarta: PT Incoreb.

Gelman, A., L. Glatman, V. Drabkin, and S.Harpaz. 2001. Effect Of Storage Temperature and Preservative Treatment on Shelf Life of The Pondraised Freshwater Fish, Silver Perch (Bidyanus bidyanus). Jurnal Food Protec, 64:1584-1591.

Guswanto, Beni, Iawang Gumilar dan Herman Hamdani. 2012. Analisis Indeks Kinerja Pengelolaan dan Indeks Kepuasan Pengna Di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zacham Jakarta. Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol. 3 No.4 p. 151-163.

Irianto, H.E. dan I. Soesilo. 2007. Dukungan Teknologi Penyediaan Perikanan. Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan. Departemen Kelautan dan Perikanan.

Murdiyanto, Bambang. 2004. Pelabuhan Perikanan. ED 2. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor..

Nugroho, T.A., Kiryanto, dan B.A. Adietya. 2016. Kajian eksperimen penggunaanmedia pendingin ikan berupa es basah dan ice pack sebagai upaya peningkatan performance tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan nelayan. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol 4 No.4 p. 889-898

Utomo, B.S.B., S. Wibowo, dan T.N. Widianto. 2012. Asap Cair: Cara Membuat Dan Aplikasinya Pada Pengolahan Ikan Asap. Jakarta: Penebar Swadaya.

Warm, K., J. Nielsen, G. Hyldig, and M.Martens. 2000. Sensory Quality Criteria For Five Fish Species. Jurnal Food Qual, 23:583–601.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------