Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Permukiman Sebagian Wilayah Kecamatan Kambu Kota Kendari

Maryatun Mucolifah, Irfan Ido, jamal Harimudin

Abstract


Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun selalu bertambah. Kondisi ini akan membawa konsekuensi semakin bertambahnya kebutuhan ruang hidup yang berupa lahan permukiman. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan memahami pola permukiman penduduk sebagian wilayah  Kecamatan Kambu Kota Kendari, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pola permukiman penduduk sebagian wilayah  Kecamatan Kambu Kota Kendari. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1) Nearest Neighbour Analysis dan (2) analisis scoring/pembobotan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) sebagian wilayah Kecamatan Kambu terdapat empat kelurahan, yaitu Kelurahan Kambu, memiliki pola mengelompok dan acak di beberapa RT, Kelurahan Lalolara, Padaleu, dan Mokoau memiliki pola mengelompok. Dan memiliki tiga kelas permukiman, yaitu kelas permukiman teratur, semi teratur, dan tidak teratur dari beberapa RT/RW nya; (2) faktor-faktor yang  berpengaruh pada pola permukiman, yaitu faktor aksessibilitas, pendapatan atau ekonomi, aspek sosial, dan aspek budaya.

 

Kata kunci:   Permukiman, Pola Permukiman, Faktor-Faktor Pola Permukiman, Nearest    Neighbour Analysi

Full Text:

PDF

References


Azahro, Mustovia. 2013. “Kajian Kehidupan Masyarakat Kampung Lama Sebagai Potensi Keberlanjutan Lingkungan Permukiman Gabahan Semarang” jurnal PWKVol. 2, No. 3, 197-208.

Herliatin, Harudu La. 2016. Pola Persebaran Permukiman Di Desa Tumbu-tumbu Jaya Kecamata Kolono Timur Kabupaten,Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, Vol 1 No.1. p. 1-20

Hirsan Fariz Primadi, 2011, Identifikasi Pola Bermukim Masyarakat Suku Sasak di Pulau Lombok yang dipengaruhi oleh Sistem Kekerabatan-Studi Kasus: Desa Payung, Kabupaten Lombok Tengah. Vol 9/No.2, Desember 2014

Jayadinata, J. T., 1999. Tata Guna Tanah dalam Perencenaan Pedesaan, Perkotaan dan Wilayah. Bandung: Penerbit ITB,

Muta’ali, Lutfi. 2015. Teknik Analisis Regional. Fakultas Geografi.

Martopo, S. 1987. "Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Lingkungan Hidup”. Materi Kursus Pengenalan AMDAL dalam Rangka Orientasi Pencemaran Lingkungan dan Pengolahan Sumber daya Alam. Yogyakarta: Fak. Geografi UGM.

Sangalang, Indrabakti. 2013. Keterikatan Pada Tempat untuk Hunian di Tepi Sungai-Referensi Suku Dayak Ngaju di Palangka Raya, FTSP-Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Yunus, Hadi S. 2010. Megapolitan Konsep Problematika, dan Prospek. Yogyakarta: Puataka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jagat.v4i2.15338

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33772/jagat.v4i2.15338.g10411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editor:

Jurusan Geografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Universitas Halu Oleo

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------