Analisis Tingkat Partisipasi Pedagang Dalam Pengelolaan Sampah Pasar Tradisional Kota Kendari

Ari anto, Djafar Mey, Anita Indriasary

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Tradisional Kota Kendari dan bagaimana perbandingan tingkat partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah setiap pasar tradisional Kota Kendari serta untuk mengetahui bagaimana jaringan persampahan di Pasar Tradisional Kota Kendari. Penelitian ini  menggunakan metode deskriktif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ialah untuk tingkat partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah dipasar tradisional Kota Kendari yang meliputi tingkatan informasi, perencanaan, pemberian masukan dan pelaksanaan. Pada perbandingan tingkatan partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah dipasar tradisional Kota Kendari dimana tingkatan partisipasi untuk penglibatan partisipasi pengelolaan sampah dipasar Lapulu sedang, Anduonohu sedang, Baruga Tinggi, untuk tingkatan pemberian  masukan partisipasi pedagang di pasar Lapulu Sedang, Anduonohu Tinggi, Baruga tinggi, untuk tingkatan partisipasi informasi terdapat perbedaan partisipasi pedagang di pasar Lapulu tinggi, Anduonohu sedang, Baruga tinggi, pelaksanaan tingkat partisinya dipasar Lapulu Sedang, Anduonohu Sedang, Baruga sedang. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu  membutuhkan kemauan pedagang tentang pentingnya pengelolaan sampah pasar. Untuk factor selanjutnya yaitu faktor penghambat partisipasi yaitu tentang faktor  waktu luang. Selain itu untuk hasil dari jaringan persampahan di pasar Tradisional Kota Kendari yaitu untuk pasar  Lapulu, pasar-TPA dengan muatan 3 - 35 ton , pasar anduonohu pasar-TPA dengan muatan 3,5 - 4ton dan untuk psara Baruga pasar-TPA 8,5 - 9 ton.

Kata Kunci: Analisis Tingkat Partisipasi Pedagang, Pengelolaan Sampah, Pasar Tradisional


Full Text:

PDF

References


Adhyzal. (2003). Klasifikasi pasar. Www.Psychologymania.Com. http://www.psychologymania.com/2012/10/ Kalsifikasi-pasar.html.

Ali, M. (1985). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Pustaka Bandung.

Badan Pusat Statistik, B. (2017). Kota Kendari. 2017. Kota Kendari Dalam Angka.

Jalal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi. Daerah. Jakarta: Depdiknas Bapenas Adicitakaryanusa.

Kuncoro, W. (2008). Pengelolaan Sampah Secara Terpadu di Kampung Nitiprayan. Universitas Islam Indonesia, Jakarta.

Tchobanglous, G., Theisen, H., & Vigil, S. (1993). Integrated Solid Waste Managemen. Mc Graw-Hill Book Co.

Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Kajian Menejemen Pendidikan. Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan [Power and Education: Study of Education Management. National in the Vortex of Power]. Jakarta: Rinika Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jagat.v4i2.12619

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33772/jagat.v4i2.12619.g10394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editor:

Jurusan Geografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Universitas Halu Oleo

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------