Analisis Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Kawasan Agrowisata di Kecamatan Sorawolio Kota Baubau

Jamal Harimudin, Fitriani Fitriani, Fitriani Fitriani, Fitriani Fitriani, Safrudin Sahar, Safrudin Sahar, Safrudin Sahar

Abstract


Abstrak:Kota Baubau merupakan wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Selain potensi wisata sejarah/budaya yang telah dikenal sejak lama, Kota Baubau juga menyimpan potensi wisata alam yang tersebar di beberapa titik. Salah satunya adalah potensi kawasan agrowisata sebagai bagian dari konsep ekowisata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kesesuaian lahan untuk pengembangan kawasan agrowisata di Kecamatan Sorawolio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis overlay dan pembobotan terhadap kelas kemiringan lereng, jenis tanah dan penggunaan lahan. Hasil pembobotan dari tiga pendekatan tersebut menunjukkan bahwa di Kecamatan Sorawolio didominasi oleh kelas sangat potensial untuk pengembangan Kawasan Agrowisata.Kawasan Agrowisata di Kecamatan Sorawolio ditetapkan di Kelurahan Kaisabu Baru dan Kelurahan Karya Baru.

 

Kata Kunci: Kesesuaian lahan, agrowisata

DOI: 10.5281/zenodo.3875917


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. Kecamatan Sorawolio Dalam Angka. Kota Baubau: Koordinator Statistik Kecamatan Sorawolio.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Baubau. 2014. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Baubau 2014 – 2034. Baubau: Pemerintah Kota Baubau.

Hardjowigeno, S., dan Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press..

Murdaningsih dan Nina Nurdiana. 2009 Kajian Potensi Pengembangan Agrowisata Kawasan Gunung Salak Endah. Buana Sains, Vol.9, No.1 p. 31-45.

Pamulardi, Bambang. 2006. Pengembangan Agrowisata Berwawasan Lingkungan (Studi Kasusu Desa Wisata tingkir, Salatiga) [Tesis]. Semarang: Program Magister Ilmu Lingkungan. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Rosiyanti, Adnin Widya dan M.H. Dewi Susilowati. 2017. Perkembangan Objek Wisata di Kabupaten Bogor. Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung July 26-27: 462-469.

Sabahan dan erik Darmansyah. 2016. Rencana Pengembangan Lanskap Agrowisata Di Kawasan Bukit Piantus Sejangkung. E-Jurnal Arsitektur Lansekap, Vol.1, No.2, p. 112-121

Surat Keputusan Mentri Pertanian Nomor : 837/Kpts/Um/11/1980. Kriteria Dan Tata Cara Penetapan Hutan Lindung. 25 Juli 1990. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editor:

Jurusan Geografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Universitas Halu Oleo

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------