Kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Korporasi yang Berimplikasi Tindak Pidana Korupsi

Muhammad Dahlan Moga

Abstract


Hakekat CSR adalah komitmen korporasi untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan menyumbangkan sebagian keuntungannya guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi korporasi maupun masyarakat pada umumnya. CSR tidak hanya sekadar aktivitas kedermawanan (charity) atau aktivitas saling mengasihi (stewardship) yang bersifat sukarela, namun dalam perkembangannya di Indonesia menjadi suatu kewajiban korporasi sebagaimana tertuang UU Perseroan Terbatas. Dalam penyaluran CSR dilakukan secara bervariasi oleh korporasi, ada yang dilaksanakan langsung oleh korporasi, namun juga terkadang korporasi bermitra dengan pihak lain, seperti pemerintah daerah. Dalam praktiknya, prosedur penyaluran bantuan CSR oleh pemerintah daerah dilakukan dengan cara berbeda yaitu dengan tanpa mekanisme APBD (penyaluran langsung) dan penyaluran melalui mekanisme APBD. Bilamana CSR tersebut dalam penyaluran dan pengelolaannya terjadi suatu penyimpangan hukum seperti perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang yang berdampak pada terjadinya kerugian Negara atau daerah maka perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak pidana korupsi. Jika terjadi pelanggaran hukum dalam penyaluran dan pengelolaan CSR korporasi secara langsung tanpa melalui mekanisme APBD, maka implikasi hukumnya terbagi dua macam yaitu; perbuatan melanggar hukum yang masuk dalam wilayah hukum perdata dan tindak pidana umum yang masuk wilayah hukum pidana.


Keywords


CSR; Korporasi; Korupsi

Full Text:

PDF

References


Buku dan Jurnal

Carroll, Archie B, A History of Corporate Social Responsibility: Concepts and Practices, Chapter · January 2008.

Elkington, John, Cannibals With Forks: the Triple Bottom Line of 21st Century Business,. Journal of Business Ethics, Volume 23, Number 2, 2000. Available from: http://www springerlink.com/business-and-economics.

Fontaine, Michael, Corporate Social Responsibility and Sustainability: The New Bottom Line? International Journal of Business and Social Science Vol. 4 No. 4; April, 2013.

Marzuki, Peter Mahmud, Penelitian Hukum, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005.

Lako, Andreas, Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.

Suharto, Edi, SCR & COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan Di era Globalisasi, Bandung: Alfabeta, 2010.

Zaim, Saidi dan Hamid Abidin, Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia, Jakarta: Piramida, 2004.

Internet

Burase, Amar, Kasus Dana CSR di Sulteng, Ini Penjelasan PT Vale Indonesia, Tempo, https://nasional.tempo.co/read/827568/kasus-dana-csr-di-sulteng-ini-penjelasan-pt-vale-indonesia/full&view=ok, diakses pada tanggal 9 Januari 2018.

Carina, Jessi, Simpang Susun Semanggi yang Dimulai Ahok, Diselesaikan Djarot, dan Akan Diresmikan Jokowi..., Kompas.com, https://megapolitan.kompas.com/read/2017/ 08/17/19341831/tanpa-banyak-kata-jokowi-resmikan-simpang-susun-semanggi-Sumber http//www.kompas.com, diakses pada tanggal 19 Desember 2017.

Julaikah, Nurul, Ini CSR untuk Dinas Perumahan yang dikelola Ahok Center, Merdeka.com, https://www.merdeka.com/jakarta/ini-csr-untuk-dinas-perumahan-yang-dikelola-ahok-center.html, diakses pada tanggal 9 Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33561/holrev.v3i1.5480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halu Oleo Law Review

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



HALU OLEO LAW REVIEW (ISSN: 2548-1762 | e-ISSN: 2548-1754)
has been covered by the following indexers:

BASE (Bielefeld Academic Search Engine) Indonesia OnesearchGarba Rujukan Digital (Garuda) Google Scholar SINTA Scilit
 OpenAIRE WorldCat PKP IndexJurnal HukumOnline.com