Pembuktian Perkara Pidana Berdasarkan Hasil Tes DNA (Deoxyribo Nucleis Acid)

Adi Rais Patanra, Herman Herman, Oheo K. Haris

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis kedudukan hasil tes DNA dalam pembuktian perkara pidana, serta menemukan penerapan konkret alat bukti hasil tes DNA dalam perkara pidana. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif empiris. Penelitian hukum normatif adalah suatu proses untuk menentukan suatu aturan hukum, prinsip-prinsip hukum, maupun doktrin-doktrin hukum guna menjawab isu hukum yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedudukan hasil tes DNA dalam pembuktian perkara pidana di Indonesia yaitu berdasarkan Pasal 184 KUHAP dapat berperan sebagai alat bukti keterangan ahli dan alat bukti surat. Hasil pemeriksaan DNA sebagai alat bukti dalam pengungkapan kasus-kasus pidana dapat digunakan pada tingkat penyidikan yang disertai dengan sumpah kemudian dituangkan dalam bentuk berita acara pemeriksaan ahli. Alat bukti tersebut akan menjadi alat bukti surat jika oleh Jaksa Penuntut Umum hanya menyajikannya di persidangan tanpa disertai dengan pemaparan oleh ahli forensik DNA di depan persidangan. Penerapan konkret alat bukti hasil tes DNA dalam perkara pidana dengan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Kendari Nomor 233/Pid.B/2019/Pn Kdi, yaitu hasil pemeriksaan DNA atas terduga pelaku pelecehan seksual terhadap anak tidak dijadikan sebagai alat bukti tunggal oleh majelis hakim pengadilan, dan tidak juga diberlakukan hasil pemeriksaan DNA dalam penggolongannya sebagai alat bukti keterangan ahli untuk menjadi sumber petunjuk oleh majelis hakim pengadilan dalam mempertimbangkan dapatnya pelaku dibebani pertanggungjawaban pidana sebagai pelaku tindak pidana pelecehan seksual (pencabulan) terhadap anak.

Keywords


DNA (Deoxyribo Nucleis Acid); pembuktian; perkara pidana

Full Text:

PDF

References


Buku

Campbell, Neil A. dkk., Biologi. Alih Bahasa, Rahayu Lestari et.al. Jakarta: Erlangga. 2002.

Fuady, Munir, Teori Hukum Pembuktian Pidana dan Perdata, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2012.

Knight, Bernard, Forensic Pathology, Second Edition, New York: Oxford University Press, Inc, 1996.

Muhtarom, Ali, Tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) sebagai Alat Bukti Hubungan Nasab dalam Perspektif Hukum Islam, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Sukandarrumidi, Geologi Medis: Pengantar Pemanfaatan Sumber Daya Geologi Dalam Usaha Menuju Hidup Sehat, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2009.

Suryo, Genetika Strata I. Cet. Ke-9, Yogyakarta: Gajah Mada Unuversity Press, 2001.

Yatim, Wildan, Genetika, Bandung: Tarsito, 1986.

Jurnal dan Makalah

Haris, Oheo K., "Telaah Yuridis Penerapan Sanksi di Bawah Minimum Khusus Pada Perkara Pidana Khusus”, Jurnal Ius Constituendum, Volume 2 Nomor 2 Tahun 2017.

Muhammad, Bahruddin, “Reaktualisasi Hukum Pembuktian Nasab Berbasis Teknologi Al-Qiyafah (Perspektif Hermeneutika Hukum Fazlur Rahman)”, Artikel: Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara.

Peraturan perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana

Putusan Pengadilan Negeri Kendari Nomor 233/Pid.B/2019/Pn Kdi.

Situs web

Abdullah Sani, “Polisi Tangkap 2 Pelaku Pemenggal Kepala Wanita di Riau”, Merdeka.com, https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-tangkap-2-pelaku-pemenggal-kepala-wanita-di-riau.html, diakses pada tanggal 7 Februari 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/holresch.v2i3.15333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Halu Oleo Legal Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

HALU OLEO LEGAL RESEARCH (E-ISSN: 2657-0017)
has been covered by the following indexers:

BASE (Bielefeld Academic Search Engine) Google ScholarOpenAIREXJournals BETAROAD (Directory of Open Access Scholarly Resources)PKP Index
      
      
  


About license:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kampus Abdullah Silondae, Jl. Mayjend S. Parman, Kel. Lahundape, Kemaraya, Kendari, 93232
Telepon (0401) 3127180, Fax (0401) 3127187, Surat-e: pps_unhalu@yahoo.com.