STRATEGI KEBERLANGSUNGAN HIDUP MASYARAKAT PETANI CENGKEH (Studi di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka)

Ikram, La Ode Monto Bauto, Ratna Supiyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi petani cengkeh dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka dengan jumlah informan 15 orang yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi hidup petani cengkeh di Kelurahan Induha memiliki permasalahan terhadap pemenuhan kebutuhan hidup dimana terdapat kesenjangan atara kenyataan dengan suatau yang diharapkan. Seperti naik turunya harga jual tani, gagal panen karena cuaca, dan pendapatan tidak sejalan dengan pengeluaran. Hal ini sangatlah mempengaruhi keberlangsungan hidup petani cengkeh di Kelurahan Induha dari segi pemenuhan kebutuhan hidup keluarganya dengan pendapatan yang tidak menentu sedangkan biaya pemenuhan kebutuhan hidup semakin tinggi, dengan kondisi seperti itu membuat masyarakat petani cengkeh Kelurahan Induha melakukan berbagai strategi, yaitu dengan menggunakan strategi jaringan, alternatif subsistensi, penghemata, dan memperbesar produksi. Semua itu mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup demi mepertahankan keberlangsungan individu dan keluarganya di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Pengelola Jurnal:

Dr. Ambo Upe, S.Sos, M.Si.

E-mail: ambo.upe@uho.ac.id

Phone Number: 085299793323

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License