MODAL SOSIAL PEREMPUAN NELAYAN DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR (Studi di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah)

Neriati, Muh. Rusli, Tanzil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bentuk modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir; (2) Fungsi modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir. metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah  elemen masyarakat yang terdiri dari 1 kepala desa, 5 Perempuan Nelayan dan 5 Suami Nelayan. Data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapati bahwa telah terjadi bentuk modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah, bentuk modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir sebagai perempuan nelayan yang memiliki karakteristik kehidupan sosial seperti nilai sosial, norma sosial dan kepercayaan sosial yang membentuk interaksi dan kerja sama yang dapat saling menguntungkan dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya pesisir, dan fungsi modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah adalah terdiri atas 3 penelolaan sumberdaya pesisir yaitu, pengelolaan ikan peindang, pengelolaan kerupuk ikan, pengelolaan rumput laut.


Full Text:

PDF

References


Afiati, N. 1999. Aspek Hayati Teknik Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Pesisir. Semarang: UNDIP.

Remiswal. 2013. Menggugah Partisipasi Gender di Lingkungan Komu-nitas Lokal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusnadi, dkk. 2006. Perempuan Pesisir. Yogyakarta: Lkis.

Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan (Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Perikanan). Yogyakarta: LkiS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Pengelola Jurnal:

Dr. Ambo Upe, S.Sos, M.Si.

E-mail: ambo.upe@uho.ac.id

Phone Number: 085299793323

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License