STRATEGI NELAYAN TANGKAP DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA SOSIAL EKONOMI (Studi di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari)

Nurlaisyah, Muh. Arsyad, Sarmadan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui problematika sosial ekonomi nelayan tangkap di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari (2) Untuk mengetahui strategi nelayan tangkap dalam mengatasi problematika sosial ekonomi di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari dengan jumlah informan 11 orang yang dipilih secara purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika sosial ekonomi nelayan tangkap terdapat beberapa masalah yakni, pada problematika sosial terdapat (1) Keterbatasan alat tangkap yang dimiliki (2) Keterbatasan sumberdaya manusia (human capital) (3). Musim penangkapan yang berubah-ubah (4) Kurang berfungsinya lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM). Kemudian pada problematika ekonomi terdapat (1) Perilaku konsumtif (2) Lemahnya permodalan dan minimnya pendapatan yang diperoleh. Adapun strategi nelayan tangkap dalam mengatasi problematika sosial ekonomi dengan cara: (1) Strategi jaringan, strategi ini digunakan nelayan tangkap agar dapat melanjutkan pendidikan anak, pemenuhan kebutuhan hidup, dan mengatasi konflik antar nelayan tangkap (2). Alternatif subsistensi, strategi ini digunakan untuk bisa mengatasi masalah pendapatan dan biaya pendidikan (3). Penghematan, nelayan tangkap menggunakan strategi ini untuk mengurangi jajan anak sekolah dan berhemat (berprilaku tidak boros).


Full Text:

PDF

References


Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan, Kemiskinan dan Perebutan Sumberdaya Perikanan. Yogya-karta: LKIS.

Satria, Arif. 2002. Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. Jakarta: Cidesindo.

Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategi. Jakarta: Gramedia Widiantara.

Sebenan, R.D. 2007. Strategi pemberdayaan rumahtangga nelayan di Desa Gangga II kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Manado: Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi.

Subani, W, Barus, H.R. 1972. Alat Penangkap Ikan Dan Udang Laut Di Indonesia (Fishing Gears for marine Fish and Shrimp in Indonesia). No.50 Tahun 1988/1989. Edisi Khusus. Jumal Penelitian Perikanan Laut. Jakarta: Balai Penelitian Perikanan Laut. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian. 248 hal.

Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi Penyimpangan. Jakarta: Rajawali.

Uphoff, Norman. T. 1979. Feasibility and Application of Rural Develop-ment Participation; A State Of The Art Paper. Ithaca/Cornell University Press.

Weber, Max. 1978. Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology. 2 vols. Barkeley and Los Angeles: University of California Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Pengelola Jurnal:

Dr. Ambo Upe, S.Sos, M.Si.

E-mail: ambo.upe@uho.ac.id

Phone Number: 085299793323

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License