PERILAKU KONSUMTIF KARYAWAN INDUSTRI PERTAMBANGAN MOROSI (Studi di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe)

Rahmat Alif Putra, Suharty Roslan, Bakri Yusuf

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya perilaku konsumtif dan dampak perilaku konsumtif terhadap kehidupan karyawan industri pertambangan di Kecamatan Morosi kabupaten Konawe. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknis pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal, seperti usia, pekerjaan, dan keadaan ekonomi, memainkan peran penting dalam pola konsumsi individu. Selain itu, faktor psikologis seperti motivasi dan persepsi juga turut memengaruhi keputusan konsumsi seseorang. Di sisi lain, faktor eksternal seperti pengaruh kelompok referensi dan keluarga juga berperan dalam membentuk perilaku konsumtif, Interaksi dengan kelompok referensi dan nilai-nilai yang diterima dari keluarga memengaruhi cara individu mengelola keuangan dan melakukan pembelian. Perilaku konsumtif memiliki dampak yang kompleks terhadap karyawan industri pertambangan. Dampak negatifnya mencakup pemborosan, pengurangan kesempatan menabung, dan kurangnya perencanaan keuangan, yang dapat menyebabkan tekanan finansial dan masalah keuangan pribadi. Namun, ada juga dampak positif seperti peningkatan motivasi untuk bekerja keras dan pengembangan kemampuan untuk mencapai tujuan keuangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52423/gjmpp.v6i1.47468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Pengelola Jurnal:

Sitti Harnia, S.Sos., M.A

E-mail: nicanfityah@gmail.com

Phone Number: +6285399504736

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License