FUNGSI PRANATA SOSIAL KELOMPOK TANI DALAM MENCIPTAKAN KETAHANAN SOSIAL PADA MASYARAKAT TANI (Studi di Desa Maligano Kecamatan Maligano Kabupaten Muna)

Putmala Tika, La ode Monto Bauto, Sarpin Sarpin

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui fungsi pranata sosial dalam menciptakan ketahanan sosial pada masyarakat tani dan untuk mengetahui ketahanan sosial yang tercipta dengan berfungsinya pranata sosial pada masyarakat tani di Desa Maligano Kecamatan Maligano Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Data penelitian yang dihimpun selanjutnya diolah dan dianalisis, analisis data dilakukan dari awal hingga akhir penelitian. Komponen-komponen analisis data mencakup reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan secara interaktif. Adapun yang menjadi informan penelitian pada judul penelitian ini adalah masyarakat tani, kepala desa dan PPL. Dengan Rincian, 1 orang Informan dari PPL, 2 orang Ketua Kelompok Tani, dan 6 orang petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pranata sosial dalam menciptakan ketahanan sosial pada masyarakat tani yakni a) memberikan pedoman pada anggota, b) menjaga keutuhan masyarakat, dan c) sebagai pengendalian sosial. Sedangkan ketahanan yang sosial yang tercipta dari pranata sosial yakni, a) melindungi secara efektif anggota masyarakat tani, b) melakukan intervensi sosial pada jaringan sosial masyarakat tani serta, c) mengembangkan mekanisme yang efektif dalam mengola konflik dan kekerasan pada masyarakat tani di Desa Maligano Kecamatan Maligano Kabupaten Muna.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2006. Metode penelitian kuantitatif. Bumi Aksara, Jakarta

BPS Kabupaten Muna Dalam Angka 2021

Nuryana Mu'man 2003. Pola rekonsiliasi antar etnis di daerah konflik diindonesia. Jakarta : Pustaka Indonesia

Padmiati, Etty. 2013. Ketahanan Sosial Pada Masyarakat pertanian. Universitas Gadja Mada Yogyakarta

Salim Agus. 2006. Teori dan paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiarawacara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo.

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Pengelola Jurnal:

Sitti Harnia, S.Sos., M.A

E-mail: nicanfityah@gmail.com

Phone Number: 085399504736

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License